Menerima LGBT di Bawah Alam Sadar Melalui Manga dan Anime

Shoot!

Sebelumnya bicara banyak dalam posting-an kali ini, sedikit diumumkan bahwa sebenarnya gue bukan aktivis yang membela LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender). Bukan pula yang mendukungnya, jadi ya abu-abu gitu deh (gak ada pendiriannya *plak). Gue juga nggak memahami konsep tersebut layaknya sosiolog dan psikolog. Jurusan gue kan administrasi negara. Sekali doang sih, pernah ngebahas tentang transgender di Thailand dan Pakistan dan dibandingkan mengenai kebijakan transgender waktu ngerjain tugas makalah kelompok mata kuliah Perbandingan Administrasi Negara! Lah, kok malah ngalor-ngidul.

Haha. Jadi, sebenernya, gue nulis ini usai nonton Sailor Moon. Yayaya, inget gak sih sosok cewek dengan sebutan “cewek onde-onde” kalo waktu itu kita nonton di Ind*siar? Pasti inget. Dan gue ngelibas lima season langsung dengan total 200 episode. Wew. Etapi posting-an ini bukan mau ngebahas Sailor Moon. Sailor Moon hanya pemicu kenapa gue dengan random-nya ngebahas hal ini.

Kenapa gue beri judul “di bawah alam sadar”? Karena, waktu kecil gue termasuk yang suka banget sama anime dan secara gak sadar ngeliat adegan-adegan yang sepertinya aneh. Inget Ranma 1/2? Atau Cardcaptor Sakura? Atau tentu masih ingat Sailor Moon dengan personilnya yang banyak banget tapi ujung-ujungnya dia doang yang ngelawan musuhnya?

Image

(Ranma 1/2)

Mulai dari Ranma 1/2. Pasti tau dong Ranma 1/2. Cowok yang kalo disiram air, bisa berubah jadi perempuan seksi dengan dada besar? Secara gak sadar, menurut gue, ini mengindikasikan penerimaan adanya transgender. Gimana nggak, meski sebenernya story line dari manga or anime ini nggak mengarah ke sana, tetapi dengan perubahan dari laki-laki ke perempuan, rasanya ya rasanya mengarah ke bentuk penerimaan.

Image

(Yukito dan Syaoran di Cardcaptor Sakura)

Yang paling cukup gamblang sebenarnya cerita di Cardcaptor Sakura. Well, besutan karya Clamp ini sebenarnya punya inti cerita kalo Sakura Kinomoto ini keturunan Clow Reed, yang notabene adalah ayahnya juga. Tetapi juga mengajarkan pada kebebasan untuk mengekspresikan perasaan.

Ehm. Sebelum Syaoran naksir berat sama Sakura, inget gak sih di awal-awal si Syaoran ini justru terkesan salting dan melting kalo ketemu Yukito? Muka merah kayak orang tablo. Dan ini disaksikan anak-anak piyik macem gue waktu SD dan ditonton. Aneh gak sih? Istilahnya lo nonton anak seumuran lo (SD) dan punya perasaan lebih ke cowok senior anak SMA? Awalnya gue juga bingung pas nonton. Pas udah gede baru ngeh kalo ya ternyata bahkan manga dan anime tipikal untuk anak-anak saja udah masuk ke ranah beginian di Jepang.

Image

(Sailor Neptunus dan Sailor Uranus)

Paling gila sih Sailor Moon! Kenapa nggak? Emang di season satu atau Sailor Moon Clasic, sama sekali gak ada kayak begini. Justru adanya adegan Rei Hino (Sailor Mars) yang jealous sama Usagi Tsukino (Sailor Moon) karena doi di masa depan menikah dengan Mamoru Chiba. Begitu pula di sesi kedua. Sama sekali gak ada hal aneh.

Nah, di season ketiga, muncul Sailor Uranus dan Sailor Neptunus yang diawali dengan seragam elit. Lho tapi kok si Sailor Uranusnya pake seragam cowok dan disangka pacarnya Neptunus? Apalagi simbol dari Sailor Uranus ada pada “Talisman” dengan corak “pedang” yang merupakan simbol kejantanan (menurut gue doang sih), sedangkan Sailor Neptunus punya talisman sebuah “cermin” yang bertolak-belakang. Belum lagi, adegan romantis mereka berdua yang mengarah pada lesbian. Bahkan, gue dulu waktu SMA pernah nemu fanfic cerita lesbian tentang dua tokoh ini. Apalagi kan si Sailor Uranusnya make baju cowok terus di mana menggambarkan cewek tomboy, dan si Neptunus aduh aduh tipikal cewek rumahan banget.

Image

(Seiya dalam Sailor Moon)

Gak cuma di situ, bahkan ada adegan Sailor Jupiter naksir cewek tomboy meski cuma satu episode! Nah loh. Mamam deh. Nambah lagi, pas di last season, Sailor Stars, yang musuhnya si Galaxia itu, muncul Sailor Starlights yang personilnya tiga cewek (iyalah kan geng sailor soldiers semuanya cewek), TAPI di kehidupan nyata mereka adalah laki-laki. Nah ini beda kasus sama Sailor Uranus yang doyan make baju cowok. Tapi mereka emang gak punya buah dada, ada adegan mereka bertiga lagi berenang telanjang dada dengan sosok laki-laki. Tapi yang buat bingung kenapa pas berubah jadi punya buah dada? Duh duh ini mengarah ke transgender juga kayaknya.

Plus, anehnya, salah satu personel Sailor Starlights alias Sailor Fighter, yang nama aslinya Seiya, naksir sama Sailor Moon. Hoyoh, sebenernya identitas si Sailor Starlights yang bener tuh cewek apa cowok sih?

Mungkin, sebenernya banyak yang bisa lo liat dari manga dan anime Jepang. Ini mungkin salah satu fenomena kecil yang gue amati. Eh sebelumnya ini bukan mutlak benar. Ini cuma opini dari penikmat manga dan anime. Gue sendiri bukan otakku atau geek yang mahfum banget sama masalah beginian.

Image

(Seiya yang menjadi Sailor Fighter)

Meski begitu, gue tetep suka sama komik dan kartun Jepang karena selalu punya pesan moral dan semua tokohnya sangat manusiawi, bahkan untuk seukuran jagoannya. Ah, ah, udah ah. Udah malem. Sekian aja posting-an random-nya.

Sekian!

Published by

Tsaki Daruchi

I love reading.

7 thoughts on “Menerima LGBT di Bawah Alam Sadar Melalui Manga dan Anime”

  1. Aku punya tuh Sailor Moon lengkap sama Cardcaptor Sakura, Naoko Takeuchi sama Clamp emang suka gitu kok. Apalagi Clamp, suka bikin cerita cowok sama cowok pelukan atau membelai pipi, haduehh… Ranma 1/2 aku dulu juga baca. Wahaha… eh eh bener juga Sailor Moon punya team segambreng tapi endingnya selalu dia yang menghadapi musuh sendirian wakakaka😉

    1. Wah Mbak Ren buat WordPress akhirnya! Asik!
      Iya Mbak, begitulah.
      Dulu, aku ngoleksi komik, sampe totalnya 3ribuan, terus gara-gara dapet nol pas SMA, nggak lanjutin lagi huhu diomelin mama. Karena waktu itu aku nyewain komik!
      Duh, duh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s