Gelap dan Pekat

Image

Saya lagi-lagi melakukan hal bodoh. Ya, seperti sekarang ini, membuka-buka laman Facebook, memerhatikan foto-foto beberapa tahun yang lalu. Sampai suatu ketika saya menemukan salah satu foto yang meski sebenarnya tak bernyawa itu, tetap saja menimbulkan gelenyar-gelenyar aneh di dada. Ya, anggap saja sebenarnya adalah rasa sesak.

Kenapa sesak, ya?

Mungkin karena saya tahu bahwa dalam file JPEG itu memiliki ruang tersendiri bagi saya dan memori saya. Hard to vanish. Saya tahu, perasaan yang meletup-letup itu adalah salah. Betapa saya yakin bahwa waktu kelewat cepat meletakkan kenyamanan itu di awal. Saya mengibaratkan kenyamanan adalah titik puncak hubungan; yang notabene adalah saat-saat ketakutan bagi saya karena biasanya, ketika sudah mencapai titik tersebut… ya semua akan terempas kembali ke titik awal. Ke titik kecanggungan.

Dan, memang terjadi.

Tetapi apakah memang rasa ini di awal sudah salah ya? Perasaan sesak itu sendiri justru ada karena keinginan bersama yang gelap… yang pekat. Yang sebenarnya salah tempat. Lalu, lagi-lagi langkah yang saya putuskan adalah mengambil jarak. Menepi jauh-jauh agar tak timbul sesak lagi di dada. Menjaga jarak agar tidak adiktif terhadap eksistensinya.

Menjaga jarak bukan berarti belajar membencinya. Bagaimana bisa? Tetapi karena tidak bisa membenci, justru saya mendapati sikap saya bak kotak Pandora. Serba-salah. Karena bagaimana pun juga, mungkin orang itu satu-satunya yang kurang-ajar memainkan kalbu yang selalu saya usahakan terjaga.

Perasaan saya pada orang itu lebih pada gelap dan pekat.

Gelap karena saya tahu bahwa ada yang salah… dan pekat karena sebenarnya perasaan ini sudah terlanjur besar dan mengisi ruang-ruang kosong yang justru membekaskan ruam-ruam luka karena kepekatannya.

Orang itu masih berani dengan kurang-ajar memporak-porandakan hati saya. Tapi… saya terlanjur memberinya atensi gelap nan pekat untuknya yang mungkin susah untuk diusir di dada saya.

Published by

Tsaki Daruchi

I love reading.

2 thoughts on “Gelap dan Pekat”

Leave a Reply

