Sebulan Kemarin

Sudah lama gue nggak posting soal kehidupan harian gue! Haha, iya sih. Sebenarnya memang nggak penting banget kisah harian gue. Tapi gue akan tetap berprinsip kalau gue harus cerita di sini biar nggak ngebul otak gue. Dimulai dari mana ya?

Kisah cinta? Kisah kuliah? Kisah nulis-nulis? Kisah seneng-seneng?

Kayaknya memang paling normal kalau ngegalau dulu deh soal akademis. Berhubung gue mahasiswa angkatan akhir, semester delapan… Gue lagi insecure dengan skripsi yang sedang gue garap. Iya. Sebenarnya proposal skripsi gue sudah di-ACC sebulan lebih yang lalu ke Gedung G, bahkan Icha sudah jadi pembahas gue. Tapi… nggak ada telepon sampai sekarang. Diusut, dosen pembimbing gue yang mau kalau ada sidang outline itu sekaligus anak bimbingannya. Berhubung temen satu bimbingan gue nggak ada niatan untuk kebut, yaudah gue jadi galau sendirian. Padahal gue agak ngebut ngerjain outline skripsi itu mengingat ada rasa nggak aman dengan topik yang gue pilih. In case, gue emang ngerasa nggak kompeten di jurusan gue sendiri.

Sebenarnya agak bete sih pas teman-teman jurusan tahu gue udah selesai outline dan mulai nanya blablabla. Karena sebenarnya gue ngerasa paling kerdil untuk kapasitas jurusan administrasi negara. Iya sih, harus bersyukur juga IPK gue masih aman. Masih kumlot. Tapi itu semua serta-merta cuma karena gue agak rajin doang. Belajar juga sistem kebut semalem. Apa yang diomongin sama dosen juga sambil-lalu. Sama sekali bukan tipikal gue banget deh. Bahkan kalau gue sudah punya titel sarjana, gue agak enggan berurusan dengan jurusan ini. Tadinya sih begitu. Sampai gue pikir, kenapa nggak? Coba aja dulu, hehehe.  

Ah, balik deh ke masalah skripsi. Gue takut banget nggak lulus empat tahun. Setakut itu lho. Karena percuma rasanya nabung IPK dari semester awal kalau nggak lulus empat tahun. Ya nggak bisa dihitung kumlot dong. Apalagi gue kan harusnya angkatan 2009. Rasanya malu aja kalau lulusnya lama. Lagian teman-teman seangkatan gue sudah pada kerja.

Sebenarnya paling bete itu ketika ada dosen yang ribet nyuruh sarjana S1 itu blablablablabla. Padahal waktu dosen itu mahasiswa, gue baca skripsinya, ya gitu aja. Nuntut paling fresh blablablablablabla… ya sebenarnya bagus sih. Gue-nya aja yang memang agak nggak terlalu suka jurusan gue. Ngomongin negara, ngomongin birokrasi. Rasanya pusing. Ya buat gue yang memang salah jurusan.

Jadi, gue harap… skripsi gue lancar. Gue bisa kerja setelahnya. Seenggaknya, gue mau mandiri. Bahkan gue punya niatan untuk kerja di luar kota biar nggak ketemu yang namanya Jakarta. Semogaaaa! Hahaha.

Terus, beberapa minggu yang lalu temen-temen jurusan gue ngadain jalan-jalan. Kita sih emang nyebutnya JAJAN (Jalan-Jalan Negara). Dan sudah masuk sesi pertama. Kita pergi ke Pulau Pramuka. Lumayan lah lepas penat, snorkeling, banana boat, main air deh pokoknya. Seruuu banget. Alasan gue untuk bertahan di awal untuk jurusan ini sebenarnya ya karena mereka-mereka ini. Mereka asyik. Mereka menyenangkan. Mereka buat nyaman. Ada beberapa orang yang mungkin juga sudah masuk prioritas buat gue. Ya mungkin memang mereka nggak memprioritaskan gue juga sih… Tapi ya tetap saja, bareng mereka itu menyenangkan.

Yang paling buat gue menanti bulan April, selain tanggal 13 gue ulang taun (iya ini kode, mana kadonya? hehe), adalah tanggal 5 April, di mana novel gue launching, yeaaah. Seneng banget. Apalagi ada acara mau kumpul sama anak Gramedia Writing Project yang lain. Mau nginep di rumah Mami Tijeh, pasti seru. Meski cowoknya cuma gue dan Putra. Hahahahaha. Ah, ngebayanginnya aja seru.

Terkait novel, gue lagi ngos-ngosan nulis novel solo young adult berjudul Jangkar yang draft-nya pernah gue posting di WordPress ini. Tapi konsepnya gue ubah, nggak kayak yang gue posting. Baru sampai 55 halaman. Masih kurang 3/4 dari target. Gue sih mau kebut biar tanggal 5 April bisa ngasih hardcopy-nya ke editor GPU. Amin. Semoga selesai.

Terus… kalau cinta… ya lagi galau-galau bingung aja. Lagi menikmati, tapi kalau sendirian suka melankolis gitu. Gubrak banget ye. Hahahaha.

Gue pun sekarang lagi bingung soal royalti karena belum buat NPWP. Terus denger dari teman penulis juga kalau DP royalti di penerbit sana lumayan besar… (tebar konfeti), dan gue amat sangat menunggu uang itu. Karena…. iya, kan kemarin laptop Lenovo gue sempat hilang. Ponsel Samsung Android gue juga dicuri. Bahkan dompet. Jadi gue pengin banget beli laptop dan hape baru. Terus terang gue ngetik dan ngerjain skripsi pake netbook yang layarnya suka error ini nggak nyaman. Apalagi kalau dipake di atas satu jam suka ngelek. Meski ini netbook adalah hasil awal dari dunia menulis, rasanya memang sudah seharusnya move on. Hehehe. Plus, hape. Gue dipinjemin Blackberry sama abang gue. Tapi mahal banget pulsanya. Apalagi suka jam pasir. Itu yang gue nggak suka. Dan sekarang rusak. Maka gue pakailah hape Sony Erricson model zaman baheula yang cuma bisa SMS dan telpon. Duh. Sebegitu bokeknya gue dan betapa aksi si pencuri itu buat gue merana begini. Moga benar-benar bisa diganti secepatnya.

Ah, udah ah. Capek. Cuma mau curhat begitu aja.

Eh, ada lagi deh. Mau cerita.

Gue sebenarnya cukup galau dengan penghujung semester delapan yang tadi gue bilang. Selain skripsi, nanti teman-teman yang lain akan pisah. Dengan jalur yang berbeda-beda. Mungkin gue ini nggak masuk list orang-orang yang buat mereka bahagia selama di jurusan. Tapi, gue amat sangat sayang mereka, terlebih ke beberapa orang di sana. Jahatnya gue, kadang ada sih satu-dua nama yang nggak gue suka. Yang selalu aja jadi spoiler kenyamanan gue di sana. Tapi ya gapapa juga. Ini kan hidup. Ya fair aja deh. Pilihan. Lagian toh salah gue juga yang payah memverbalkan perasaan gue sendiri. Meski rasanya gue selalu ngerasa dia selalu jadi benalu bahkan dari semester awal. Entahlah.

Nah, udah beneran curhatnya.

Semangat untuk semua. (Sebenernya gue yang perlu disemangatin. Jomblo nih, hiks)

Published by

Tsaki Daruchi

I love reading.

4 thoughts on “Sebulan Kemarin”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s